Dalam dunia konstruksi, banyak ragam material bangunan yang masih asing di telinga masyarakat umum. Padahal, pengetahuan tentang bahan-bahan material ini penting untuk dikenal masyarakat luas, sebagai pertimbangan bagi mereka yang akan membangun gedung atau rumah. Beberapa diantaranya adalah PVC dan UPVC yang mirip namun memiliki banyak perbedaan sebagai bahan perbandingan seperti memilih pintu UPVC kamar mandi atau menggunakan bahan PVC yang lebih dahulu dikenal masyarakat.

Perbandingan PVC dengan UPVC

Sebagai salah satu bahan bangunan yang mirip karena sama-sama terbuat dari bahan plastik, ada beberapa perbedaan signifikan dari keduanya. Hal ini bisa menjadi perbandingan sebelum memilih sesuai dengan kebutuhan, diantarnya adalah sebagai berikut ini.

Daya Tahan Material PVC dengan UPVC

Perbandingan PVC dan UPVC

Jika dilihat dari daya tahannya, bahan PVC yang terbuat dari plastik memiliki kekuatan yang cukup baik serta memiliki sifat yang fleksibel. Namun karena sifatnya yang fleksibel inilah, maka kekuatannya tidak terlalu maksimal, walaupun mampu menahan sinar matahari. Bahkan bahan PVC sangat mudah terbakar jika terkena api.

Sementara itu, UPVC yang juga terbuat dari plastik diolah lagi dengan proses tertentu terlebih dahulu untuk menghilangkan sifat alaminya. Hasilnya, karakternya menjadi sangat keras dan tidak lentur seperti PVC. Selain itu UPVC tidak hanya tahan terhadap matahari, namun juga tidak mudah terbakar sehingga bisa digunakan di semua tempat.

Perbedaan Penggunaan PVC dengan UPVC

Perbandingan PVC dan UPVC

Baik PVC atau UPVC sama-sama memiliki banyak manfaat dan penggunaan dalam bangunan rumah. Namun, karena sifatnya yang fleksibel maka bahan UPVC lebih banyak dimanfaatkan sebagai benda rumah tangga seperti ember atau bak. Sementara dalam bangunan, bahan ini biasanya digunakan untuk membuat pipa besar sebagai saluran untuk membuang kotoran ataupun isolasi kabel listrik.

Sebaliknya, pada bahan UPVC yang keras dan tidak mengandung racun, biasanya digunakan untuk membuat kusen jendela, pintu UPVC kamar mandi, pipa saluran untuk konsumsi,  hingga partisi ruangan. Selain itu, produk hasil UPV terbaru yang mulai banyak diproduksi adalah atap rumah yang memiliki daya tahan cukup baik terhadap cuaca.

Keamanan PVC dengan UPVC Ketika Digunakan

Perbandingan PVC dan UPVC

Sesuai namanya, Polyvinyl Chloride atau PVC terbuat dari bahan plastik yang pada dasarnya aman untuk digunakan. Untuk memaksimalkan fungsin PVC maka bahan ini dicampur dengan plasticizier agar sedikit lebih keras dan bisa dibentuk. Plasticizier inilah yang tidak aman bagi kesehatan, karena jika terbakar, akan membentuk asap HCL dan larut ke dalam lingkungan membentuk gas racun.

Berbeda dengan UPVC yang tidak menggunakan plasticizier, namun dikeraskan dengan proses tertentu sehingga benar-benar keras dan tidak bisa dibentuk sesuai keinginan. Bahan UPVC tentu lebih aman, terlebih ia tidak mudah terbakar sehingga tidak akan menghasilkan gas racun yang membahayakan lingkungan.

Perbandingan Harga PVC dengan UPVC

Perbandingan PVC dan UPVC

Harga PVC dan UPVC sama-sama murah dibandingkan dengan bahan material bangunan lainnya. Namun antara keduanya memiliki sedikit perbedaan harga yang disebabkan oleh proses pembentukannya serta cara mengolahnya yang jauh berbeda.

Jika PVC hanya merubah sifat benda menjadi keras namun fleksibel, maka harga yang ditawarkan pun cukup murah. Sedangkan bahan UPVC sedikit lebih mahal karena melalui proses yang panjang sehingga material nya menjadi sangat keras, serta tidak mudah terbakar.

Demikianlah beberapa perbandingan yang membedakan antara PVC dengan UPVC sebagai bahan bangunan. Dengan perbandingan tersebut, anda bisa memilih mana bahan yang lebih baik dan paling tepat untuk digunakan. Misalnya dalam memilih pintu UPVC kamar mandi  dilihat dari sifatnya yang keras dan tahan cuaca, karena jika memilih bahan PVC tentu sifatnya yang fleksibel tidak akan menutup kamar mandi dengan maksimal serta bisa memuai pada cuaca tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *