Membangun gedung yang bertujuan untuk digunakan bersama-sama tidak hanya cukup membangun dan mendesain saja, di mana diperlukan juga perawatan yang maksimal agar dapat membuat gedung masih dapat digunakan dengan baik. Gedung adalah salah satu jenis bangunan bertingkat yang biasanya digunakan oleh orang banyak, di mana tentu saja membutuhkan perawatan.

Gedung yang tidak terawat tapi masih aktif digunakan tentu saja akan berbahaya bagi keselamatan orang yang menggunakan bangunan tersebut. Dalam perawatan gedung sendiri ada banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan agar dapat membuat bangunan ini tetap nyaman digunakan oleh orang banyak. Tidak ada salahnya bagi pengelola gedung memanggil jasa waterproofing membrane bakar untuk dapat mengecek segala jenis kebocoran pada dak atau atap.

Cara Merawat Gedung Agar Tetap Terpelihara Dengan Baik

Merawat gedung sebenarnya tidak sulit, namun ukuran bangunan yang besar tentu saja membutuhkan perhatian khusus agar semua bagian bangunan dapat tetap berdiri kokoh. Di bawah ini adalah cara merawat bangunan gedung :

1. Menjaga keamanan struktural

Cara pertama dalam perawatan gedung adalah dengan menjaga keamanan struktural. Sebuah bangunan pasti dilandasai struktur seperti pondasi, dak atau atap, lantai dan lain sebagainya. Di mana agar gedung dapat digunakan dengan nyaman, perlu sekali merawat bagian-bagian penting dalam gedung. Semisalnya adalah dengan memperhatikan bagian atap gedung yang perlu sekali untuk diperhatikan agar tidak ada kebocoran atau rembesan air. Untuk mencegahnya dapat menggunakan sika waterproofing untuk dak agar dapat membuat atap dak tidak bocor dan tahan terhadap rembesan.

2. Mengoptimalkan kinerja gedung

Gedung sendiri dilengkapi dengan berbagai macam alat sebagai salah satu penunjang supaya gedung dapat digunakan dengan baik. Perawatan untuk mengoptimalkan kinerja gedung tentu saja sangat diperlukan agar semua fasilitas dapat digunakan dengan baik. Salah satunya adalah perawatan lift ataupun escalator, di mana tentu saja harus dilakukan pengecekan secara berkala agar dapat berjalan dengan normal. Selain itu, instalasi listrik, jaringan internet dan telepon pun juga masuk dalam kinerja gedung, di mana harus dapat memeriksa apakah semua instalasi ini berjalan dengan lancar atau ada komponen yang perlu diperbaiki seperti kabel yang rusak atau terkelupas.

3. Mencegah kerusakan karena cuaca

 

Tidak dipungkiri bahwa cuaca juga dapat menjadi sebab gedung mengalami kerusakan di beberapa bagian, di mana tentu saja perawatan untuk mencegah kerusakan dari cuaca ini harus dilakukan. Sebuah bangunan yang diterpa panas ataupun hujan setiap hari dapat membuat bangunan luar gedung tampak kusam, di mana tidak jarang terdapat retakan rambut pada dindingnya. Maka dari pada itu, perawatan untuk mecegah kerusakan karena cuaca sendiri sangatlah penting. Ada baiknya melakukan pengecatan ulang pada setiap dinding agar dapat membuat gedung memiliki tampilan yang bersih dan juga baik. Dinding bagian dalam gedung pun juga rentan akan lembab yang disebabkan cuaca, di mana dinding lembab sangatlah tidak baik karena dapat menyebabkan jamur pada dinding serta menimbulkan bau yang tidak sedap. Sehingga mengecat ulang ataupun mencegah remebesan dinding dengan sika waterproofing untuk dak bisa menjadi cara yang tepat.

Itu adalah beberapa cara perawatan gedung yang perlu dilakukan, di mana tentu saja hal ini sangat penting agar dapat membuat bangunan berfungsi dengan baik, aman dan juga nyaman digunakan. Perawatan gedung sendiri diperlukan banyak perhatian, terlebih lagi biasanya gedung digunakan oleh orang banyak yang mana keamanan dan kenyamanan menjadi hal yang penting. Tidak ada salahnya untuk memanggil jasa waterproofing membrane bakar untuk melakukan pembaharuan pada bagian atap dak agar dapat aman dari bocor dan rembesan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *