Roller blind atau tirai roller mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Tapi jika melihat wujudnya, semua orang akan langsung mengenalinya sebagai penutup jendela. Penutup jendela yang satu ini sebenarnya sudah lama digunakan banyak orang. Awalnya hanya sering digunakan di gedung-gedung perkantoran, tapi sekarang keberadaan tirai roller juga banyak ditemui di rumah-rumah. Hal ini dikarenakan desain dari penutup jendela ini sendiri terlihat simpel namun juga elegan. Meskipun penggunaan gorden dan tirai kain masih menjadi opsi yang paling sering dicari, tirai roller juga sudah semakin banyak diminati masyarakat.

Memilih Roller Blind yang Sesuai dengan Tipe Rumah

Seperti halnya memilih warna cat untuk rumah, pemilihan roller blind juga harus mendapatkan perhatian penting. Jenis tirai roller yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tipe rumahnya. Jadi bagi kamu yang berencana untuk memasang tirai roller di rumah, yuk simak penjelasan tipe-tipe tirai roller berikut ini.

1. Solar Screen Blind

Menentukan Roller Blind Sesuai Tipe Rumah

Solar Screen Blind adalah tipe tirai roller yang sangat cocok untuk rumah yang memiliki desain mirip dengan rumah kaca. Dikarenakan rumah tipe ini banyak menggunakan kaca sebagai dindingnya, otomatis pencahayaan di dalam sangat terang karena mendapatkan cahaya matahari yang cukup banyak. Ini juga berdampak pada suhu ruangan yang menjadi sedikit lebih panas. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan Solar Screen Blind untuk mereduksi pencahayaan masuk. Pencahayaan di dalam ruangan tetap cukup untuk melihat karena tirai roller tipe ini tidak menghalangi total cahaya dari luar.

2. Black Out Blind

Menentukan Roller Blind Sesuai Tipe Rumah

Mirip seperti Solar Screen, Black Out Blind juga memiliki fungsi yang sama. Namun tirai roller tipe ini menutup total pencahayaan dari luar sampai di dalam rumah menjadi bisa menjadi sangat gelap walau di siang hari. Kamu perlu menyalakan lampu jika ingin beraktifitas. Penggunaan Black Out Blind cocok dipasang di ruangan pribadi seperti ruang menonton yang membutuhkan ruangan gelap.

3. Venetian Blind

Menentukan Roller Blind Sesuai Tipe Rumah

Seperti namanya, Venetian Blind terdengar sedikit klasik, bukan? Tampilannya sendiri terlihat sederhana. tirai roller tipe ini sangat cocok digunakan di rumah-rumah bergaya klasik. Selain karena desainnya yang klasik, Venetian Blind memberikan suasana yang hangat di dalam rumah. Oleh karena itu di Indonesia sendiri Venetian Blind banyak diminati, karena tirai roller yang satu ini juga cocok dipasang di berbagai macam tipe rumah.

4. Roman Blind

Menentukan Roller Blind Sesuai Tipe Rumah

Tipe Roman Blind sebenarnya lebih cocok digunakan di rumah-rumah tradisional bergaya Jepang. Kita akan menemui banyak tirai roller tipe ini digunakan di negeri Sakura. Desainnya sendiri sederhana dan unik. Tirai jendela yang satu ini dibuka dan ditutup dengan cara ditarik lalu ia akan terlipat ke atas. Penggunaannya tidak hanya untuk interior di dalam rumah, tapi bisa juga untuk bagian eksterior.

5. Aluminium Blind

Menentukan Roller Blind Sesuai Tipe Rumah

Jenis tirai roller Aluminium tentunya menggunakan bahan aluminium sebagai materialnya. tirai roller tipe ini sangat awet dan tahan lama. Bahkan perawatannya juga mudah karena kamu cuma perlu mengelapnya. Aluminium Blind sering kali terlihat di gedung-gedung perkantoran. Mungkin kamu sendiri sering melihatnya di film-film Barat. Tirai roller ini juga sering digunakan di rumah-rumah. Perawatannya yang mudah desainnya yang tetap terlihat elegan membuat tirai roller tipe ini juga banyak diminati orang-orang.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tipe roller blind atau tirai roller yang cocok untuk beberapa tipe-tipe rumah. Pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan, dekorasi ruangan, dan pastinya budget kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *