Untuk memberikan kesan beda pada hunian, selain konsep yang jelas penempatan partisi menarik juga jadi pilihan pencinta desain interior. Berbagai material bisa dijadikan partisi sesuai dengan fungsinya. Jika penempatannya tepat maka ruang sekecil apapun akan terlihat lebih hidup dan punya karakternya sendiri. Apa saja material terbaiknya?

Material Terbaik untuk Partisi di Rumah Anda

6 Material untuk Partisi Terbaik

Ada material partisi GRC, kaca, kayu, bambu,baja, dan Aluminium Composite Panel (ACP). Berbagai material tersebut punya karakter yang sangat unik, jadi agar tak salah pilih ada baiknya Anda tahu dulu seperti apa karakter masing-masing material ini. Berikut informasi lengkapnya.

  • GRC

GRC adalah perpaduan material beton dan kaca yang bisa diolah menjadi berbagai desain partisi yang unik dan indah. Material ini punya keunggulan dari segi desain yang bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan, dan bisa menjadi pembatas ruangan semi permanen maupun permanen pada hunian dengan konsep apapun.

Untuk memberi kesan yang diinginkan, Anda bisa memolesnya dengan cat yang senada dengan cat ruangan, sehingga terbentuk perpaduan yang menarik. Fungsi utama partisi GRC ini adalah membatasi ruangan, baik ruang yang sempit maupun luas.

  • Kaca

Material ini memiliki karakter mewah dan bisa dijadikan partisi multifungsi pada sebuah ruangan. selain menjadi pembatas, juga bisa sekaligus jadi material utama pada pintu depan dan pintu di berbagai ruangan, jendela besar, bahkan papan tulis jika dibutuhkan. Pada beberapa jenis kaca, Anda bisa membentuknya sesuai desain yang diinginkan, bahkan warnanya pun bervariasi.

  • Kayu

Kayu memiliki karakter kuat, natural, dan mudah dibentuk. Biasanya dipakai sebagai material partisi sekaligus rak barang, karena mudah dibentuk dan dipadu padankan sesuai dengan konsep sebuah ruangan. Misalnya Anda ingin  partisi kayu sebagai aksesoris dinding, maka bisa dibuar rak built in  dengan desain maksimal.

  • Bambu

Sama halnya dengan kayu, bambu punya karakter mudah dibentuk dan juga awet selama ditempatkan di dalam ruangan dengan suhu normal. Biasanya bambu dibuat menjadi partisi pembatas ruangan, atau plafon pada atap rumah bertema natural, karena material ini mudah di dapat dan harganya terjangkau.

Beda dengan partisi GRC yang harus dipesan terlebih dahulu sesuai ukuran dan desain yang diinginkan. Makanya jika dibandingkan keduanya, lebih banyak pemilik hunian yang memilih material bambu meskipun keduanya tergolong material partisi terbaik saat ini.

  • Baja

Baja cocok diaplikasikan sebagai partisi hunian. Selaiin itu cocok juga dipakai untuk rumah dengan konsep industrial atau vintage. Karena karakter minimalis namun mewah dan juga awet yang dimilikinya mampu membuat rumah terlihat lebih apik. Baja juga bisa dipadukan dengan material lain seperti kaca untuk jadi partisi gantung sebagai aksesoris.

  • ACP

Aluminium banyak dipakai untuk partisi pembuatan meja dan kursi minimalis, karena bisa dibentuk sesuai kebutuhan dan keinginan. Karakternya yang mudah dibentuk, mudah dibadukan dengan cat apapun menjadikan ACP banyak dipilih sebagai partisi interior ruangan. Bukan saja pembatas ruang, tapi juga pembuatan aksesoris dinding, meja televisi, atau rak khusus.

Beda dengan partisi GRC yang sebaiknya dibuat tanpa perpaduan material lain, ACP bisa dipadukan dengan material lain seperti kaca. Sehingga menghasilkan sebuah partisi unik yang dapat ditempatkan di berbagai ruang.

Demikianlah penjelasan tentang enam material partisi terbaik saat ini. Tapi untuk mendapatkan material yang diinginkan tentu harus ada anggaran yang disiapkan, sama halnya dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Yuk pilih materialnya sekarang dan wujudkan rumah berpartisi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *