Apa jadinya ketika karpet yang sudah kita susun sedemikian rupa untuk mempercantik ruang rusak akibat tertindih perabotan rumah. Tentunya sangat disayangkan juga apabila harga karpet tersebut mahal dan modelnya sangat jarang ditemukan. Namun, tidak mungkin juga kita menempatkan karpet dengan cara melipatnya guna menghindari tindian karena bisa mengurangi keindahan ruangan. Lantas, bagaimana solusi untuk membuat karpet yang sudah tertindih bisa kembali seperti semula atau minimal tidak tampak rusak sehingga masih nyaman untuk digunakan? Berikut informasinya.

Solusi Mengatasi Karpet Tertindih

Biasanya, karpet tile menjadi salah satu alternatif yang cukup cantik apabila digunakan untuk menghias semua ruangan. Karpet jenis ini memiliki tingkat keindahan dan kenyamanan yang akan membuat kaki betah menginjaknya. Selain itu, jika ruangan di rumah anda menggunakan ini pasti akan tampak elegan dan lebih menarik. Namun, sebagus apapun karpet tersebut akan berkurang kenyamanan dan keindahannya apabila tertindih barang yang berat. Untuk itu, gunakanlah solusi berikut ini supaya karpet anda tetap seperti sedia kala setelah tertindih.

1. Menyikat Perlahan Karpet

Apabila karpet tile anda tertindih tidak terlalu lama oleh barang berat, maka cara mudah untuk membuatnya kembali seperti semula adalah dengan menyikatnya secara perlahan. Jangan gunakan sikat dengan bulu-bulu kasar dan keras, cukup gunakan sikat dengan bulu halus supaya tidak merusak serat karpet. Apabila anda kesulitan mencari sikat dengan bulu halus gunakan saja sikat gigi untuk menggosoknya. Gosoklah secara perlahan satu arah dengan terlebih dahulu mencelupkannya ke air dan jika sudah tunggulah sampai karpet tersebut kembali seperti semula. Untuk mengeringkannya, anda bisa menggunakan bantuan vacuum cleaner supaya lebih cepat kembali seperti semula.

2. Menguapi Bagian Tertindih

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuat karpet tile milik anda kembali seperti semula adalah dengan menguapi karpet tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan vacuum cleaner untuk melakukan hal ini sekaligus membersihkan karpet. Tapi, jika karpet anda telah tertindih cukup parah dan dalam keadaan lama, gunakan saja bantuan strika uap. Panas dari strika uap lebih besar ketimbang vacuum sehingga akan membuat bagian yang rusak bisa kembali seperti semula. Caranya mudah, cukup uapi saja dengan setrika bagian yang rusak sampai bulu-bulu halus karpet kembali sejajar dengan bagian yang tidak rusak.

3. Mendinginkan Karpet dengan Es Batu

Cara lain yang bisa anda coba untuk mengatasi karpet tertindih adalah dengan menggunakan es batu. Karpet lantai yang rusak akibat tertindih bisa dikembalikan seperti semula dengan cara memberikan es batu di bagian yang rusak. Tunggulah sampai es batu tersebut mencair sepenuhnya di atas karpet dan lihatlah hasil yang didapatkan. Dingin yang dihasilkan es batu akan membuat bulu atau serat karpet kembali menyerupai serat di sebelahnya yang tidak rusak. Hal ini tentu akan membasahi karpet sehingga anda harus menggunakan bantuan vacuum untuk mengeringkan sekaligus membersihkan debu-debu yang ada di karpet. Anda juga menyikat secara perlahan setelah proses pencairan es selesai untuk memastikan karpet kembali seperti semula.

Itulah cara dan solusi mudah membuat karpet tertindih menjadi kembali seperti semula. Lakukan solusi tersebut apabila anda masih mencintai karpet tersebut supaya tidak perlu membeli kembali. Harga karpet tidaklah murah sehingga lebih baik gunakan uang untuk keperluan lebih penting dan lakukan cara mudah perawatan karpet di atas. Yakinlah bahwa karpet kesayangan akan kembali seperti semula tanpa keluar banyak uang dan banyak tenaga untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *