Jendela merupakan komponen rumah yang wajib ada karena jendela memiliki fungsi yang vital yaitu sebagai media pertukaran udara di dalam dan luar rumah sehingga udara tetap besih dan terhindar dari penyakit. Selain sebagai pencegah munculnya penyakit akibat udara yang kotor, jendela dalam rumah juga berfungsi sebagai komponen dekoratif yang dapat membuat rumah semakin indah dilihat.

Namun tentu saja bentuk jendela yang monoton juga akan menimbulkan kesan yang membosankan. Maka dari itu mendekorasi jendela menjadi hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan rumah yang selalu tampil baru, unik dan menarik.

Ide Unik Mendekorasi Jendela

Mendekorasi jendela dapat dilakukan dengan memasang gorden jendela atau memanfaatkan benda-benda sekitar yang sudah tidak dipakai. Berikut ide dekorasi jendela yang unik:

Kerajinan dari Lampu Bohlam

Lampu bohlam memiliki bentuk yang unik sehingga akan sangat menarik jika dijadikan dekoratif jendela. Yang harus Anda siapkan adalah mengumpulkan lampu bohlam yang sudah tidak terpakai lalu memodifikasinya. Misalnya dengan mengecat bohlam, memotong lampu bohlam, memasukan hiasan ke dalam bohlam dan lain-lain. setelah selesai memodifikasinya, gantungkan bohlam tersebut di jendela sesuai selera Anda misalnya dengan menggantungkannya rapat-rapat atau Anda menggantungkan sedikit bohlam saja.

Bunga atau Tanaman Hias

Bunga atau tanaman yang disimpan di jendela akan memberikan kesan segar dan alami pada ruangan, selain itu juga dapat memberikan wajah dekoratif yang indah. Anda dapat menggunakan bunga atau tanaman jenis apapun di jendela yang penting tetap proporsional sehingga tidak mengganggu pemandangan ke luar jendela.

Jika Anda suit merawat bunga asli, Anda dapat menggunakan bunga palsu atau terarium yang perawatannya lebih sederhana dan mudah.

Origami

Hiasan origami merupakan hiasan yang sudah biasa dan banyak diterapkan di jendela. Namun walaupun seperti itu, origami menjadi hiasan jendela yang masih dipandang unik dan segar.

Origami dapat dilipat dengan berbagai bertuk seperti bentuk kipas, bentuk camar, bintang, kupu-kupu dan bunga sakura.

Gorden

Gunakanlah jenis gorden yang tidak biasa agar jendela tidak terkesan monoton. Jenis-jenis gorden yang direkomendasikan untuk dipasang di jendela agar menimbulkan kesan dekoratif yang luar biasa adalah gorden roller blind dengan harga roller blind murah di pasaran, gorden silky mengkilap yang dapat memunculkan kesan mewah dan elegan, gorden transparan, dang gorden tie-dye.

Papercut

Kertas juga dapat dijadikan hiasan jendela yang sangat menarik di mana Anda memotong kertas tersebut sesuai selera Anda kemudian memasangnya di jendela seperti gorden. Namun tentu saja daya tahan kertas lebih rendah dibanding kain, untuk itu Anda harus menggantinya secara berkala atau pasang hanya di tempat-tempat tertentu seperti kamar tidur dan ruangan lainnya yang jarang tersentuh.

Mason Jar

Mason jar merupakan toples kaca yang ditutup rapat. Jika Anda merasa boros biaya untuk membelinya, Anda dapat menggunakan mason jar bekas makanan kemas.

Terlebih dahulu Anda harus membersihkan mason jar, kemudian isi dengan bahan dekoratif seperti pasir warna-warni, tanaman sintetis, kertas origami, lampu, patung-patung kecil dan benda-benda dekoratif lainnya.

Untuk memajangnya ada dua cara yaitu dengan menggantungnya atau dengan menyimpannya begitu saja di atas kusen jendela.

Pernak – Pernik Khas Daerah

Jika Anda mengunjungi tempat wisata, tentu Anda membawa oleh-oleh khas tempat tersebut. Untuk benda-benda kecil seperti boneka, patung kecil, dan kerajinan-kerajiinan tertentu dapat Anda pajang di jendela untuk menambah kesan dekoratif juga untuk menjadikannya sebagai tempat yang dapat membangkitkan kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *