Sebuah rumah umumnya memiliki satu ruangan khusus yang digunakan untuk menerima tamu atau biasa disebut ruang tamu. Sebagaimana fungsinya setiap orang pasti menginginkan ruang tamu yang bagus, unik, dan tertata rapi. Berbagi macam material digunakan demi menghadirkan sebuah ruang tamu yang layak dan patut di banggakan.

Penggunaan plafon grc dapat mempercantik langit-langit ruang tamu anda. Pilihlah toko yang men​​​​jualnya dengan harga murah murah, anda bisa menemukan informasinya melalui internet atau datang langsung ke toko yang anda kehendaki.

Fungsi utama dari plafon grc adalah merapikan langit-langit ruangan serta mencegah ruangan menjadi kotor karena debu dari atas. Pemasangan yang tepat dapat menambah nilai seni dari plafon ini, karena sifatnya yang luwes membuat plafon ini menjadi mudah dibentuk.

Kelebihan lain dari plafon ini adalah tahan air dan api, sehingga jika kebetulan atap rumah anda bocor air nya tidak akan sampai membasahi ruangan, selain itu plafon ini juga tahan lama karena anti rayap. Bahan utamanya berasal dari semen dan serat khusus hal inilah yang menyebabkan plafon ini kuat dan istimewa.

Contoh desain ruang tamu dengan grc

Gambar 1

Sebelum mulai memasang plafon sebaiknya anda menentukan model terlebih dahulu, gambar diatas bisa anda jadikan inspirasi, saat ini banyak toko yang jual plafon grc murah sebaiknya anda membandingkan harga terlebih dahulu kemudian pilih harga termurah dengan kualitas yang sama.

Untuk membuat bentuk seperti gambar di atas, pertama-tama ukur luas permukaan langit-langit yang akan dipasang. Misal luas permukaan 3m × 5m = 15 m. 1 lembar plafon memiliki luas 1.2m × 2.4m = 2.8m maka jumlah plafon yang dibutuhkan adalah 15m : 2.8m = 5.3 buah. Di bulatkan menjadi 6 buah.

Setelah itu mulai gambar pola diatas plafon sesuai dengan desain yang sudah ditentukan. Untuk metode pemotongannya bisa menggunakan gerinda mesin tangan jika polanya rumit agar lebih mudah. Pemasangan plafon bisa menggunakan lem atau paku tergantung dari kebutuhan. Plafon yang berwarna putih cocok daodukan dengan lampu LED warna putih.

Gambar 2

Jika anda ingin menunjukkan nilai seni klasik tidak ada salahnya memadukan plafon putih dengan kayu jati yang di pernis. Warna coklat kayu yang mengkilap serta serat yang tegas terlihat selaras dengan plafon yang polos. Penambahan ukiran kayu pada bagian tengah menambah nilai estetika atap ruang tamu anda.

Sebelum membuat atap dengan model seperti gambar ke dua, sebaiknya anda memilih kayu nya sendiri dan datang langsung ke tempatnya, pilihlah kayu jati yang sudah tua agar awet dan tidak dimakan rayap. Sebelum memasang olesilah kayu dengan cairan anti rayap baru dilapisi dengan cairan pernis.

Baca juga: Granit, Batuan Alam yang Pas untuk Hunian Impian

Agar terlihat lebih cantik pilihlah plafon grc yang memiliki permukaan mengkilap dan halus, di tempat yang menjualnya  banyak pilihan jenis, model, dan ketebalan plafon yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Khusus plafon dengan permukaan yang licin harganya akan sedikit lebih mahal dari pada plafon biasa dengan permukaan kasar.

Jika anda kesulitan dalam menentukan desain yang cocok digunakan, anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk mendapatkan hasil yang maksimal namun biaya yang harus anda keluarkan tentu lebih dalam. Tampil lebih modern, rapi, dan cantik dengan atap plafon merupakan rahasia umum masyarakat. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *