Penggunaan tirai ataupun gorden sangat penting dalam sebuah rumah karena dapat membantu untuk meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan. Saat anda berada di rumah gorden atau biasa disebut sebagai tirai ini, memiliki berbagai bentuk dan juga desain, sehingga bisa disesuaikan dengan penampilan dan interior yang anda miliki. Namun masih banyak orang yang belum paham bagaimana caranya untuk bisa merawat tirai jendela dengan baik, sehingga tetap terlihat bersih dan juga cantik.

Perawatan Tirai Jendela dengan Baik

source : tokopedia.com

Perawatan yang benar dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memastikan bahwa anda bisa rutin membersihkan tirai tersebut. Tetapi ada 3 cara ampuh yang bisa dilakukan, agar tetap bersih loh. Apa saja ?

  1. Rutin Mencuci

Cara pertama apat dilakukan untuk merawat tirai atau gorden minimalis murah dengan baik yaitu rajin mencuci. Minimal 1 kali dalam 2 minggu, terutama apabila anda tinggal di area perkotaan yang sangat tinggi polusi dan juga debu. Tirai menjadi salah satu bagian rumah yang sering kali kotor.

Tujuan untuk mencuci tirai ataupun gorden yang anda miliki agar rumah tetap bersih dan juga nyaman. Terutama umumnya anak-anak yang tinggal di dalam rumah dan juga menghabiskan waktu cukup lama pasti membutuhkan udara dan juga kebersihan yang sangat tinggi. Agar tidak mudah terkena penyakit anda juga harus bisa merawat barang-barang dan juga perabotan rumah.

  1. Melihat Bahan Tirai

Bahan Tirai

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar dapat merawat tirai jendela yang anda gunakan yaitu dengan melihat bahan yang digunakan. Umumnya masing-masing bahan memiliki cara perawatan yang berbeda-beda sehingga anda tidak bisa menyamakan, misalnya saja untuk tirai kayu sangat sensitif terhadap air sehingga saat membersihkannya anda harus menggunakan kain yang lembut. Kemudian dibersihkan terlebih dahulu anda tidak boleh mencuci nya langsung dengan merendam ke dalam air.

Selain itu, apabila tirai yang digunakan berbahan kain, maka akan lebih mudah karena anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu harian. Namun apabila sudah sangat kotor dan harus dicuci maka anda bisa merendamnya dengan menggunakan deterjen dan air hangat.

  1. Membuka Jendela

Hal lain yang dapat dilakukan agar anda bisa merawat tirai pada jendela yang ada di dalam sebuah rumah yaitu dengan membuka jendela secara rutin. Tahukah anda bahwa tirai seringkali menjebak debu ataupun polusi yang ada di dalam rumah maupun dari luar rumah di udara tidak berjalan dengan baik.

Bisa jadi tirai sebagai sumber penyakit dan juga tempat untuk berkumpulnya nyamuk ataupun debu, dan juga kuman. Tetapi dengan adanya jendela yang terbuka maka ventilasi udara akan berjalan dan sinar matahari akan mudah masuk.

  1. Perawatan Mingguan

Kemudian selanjutnya agar bisa menjaga tirai jendela agar tetap bersih dan juga nyaman, ketika digunakan di dalam rumah yaitu dengan melakukan perawatan mingguan. Perawatan ini tidak mengharuskan anda untuk mencuci. Namun minimal anda membersihkan tirai dengan menggunakan vacuum cleaner yang umumnya digunakan untuk membersihkan jok mobil.

Anda juga bisa mengibas-ngibaskan tirai kemudian memasangnya kembali, minimal untuk menghilangkan debu dan juga polusi yang ada dan menempel pada daerah tersebut.  Selain lebih mudah cara ini juga sangat efektif untuk mengurangi debu yang menumpuk pada tirai saat anda mencucinya. Ketika perawatan mingguan ini dilakukan anda juga perlu memperhatikan noda yang harus dihilangkan. Misalnya akibat makanan ataupun noda-noda lain yang sulit untuk dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *