Cat epoxy seringkali digunakan untuk melapisi sebuah lantai agar terlihat lebih bersih dan indah. Cat epoxy lantai diterapkan untuk membuat lapisan menjadi lebih kokoh dan tidak mudah rusak. Namun seiring perkembangan zaman, kegunaan epoxy menjadi lebih banyak dan meliputi berbagai aspek salah satunya adalah untuk dekorasi.

Untuk menerapkan epoxy pada lantai, maka Anda bisa menggunakan jasa membrane waterproofing. Dengan begitu Anda bisa membuat lantai yang sempurna dan tidak mudah rembes. Sebelum meletakkan sebuah lantai, biasanya permukaan akan didasari oleh tanah. Jenis permukaan ini menghasilkan banyak air dan mudah bocor ke bagian lantai jika tidak disusun dengan benar. Untuk itu pemasangan epoxy dibutuhkan pada lantai.

Langkah-langkah Mengaplikasikan Cat Epoxy Pada Lantai

Epoxy lantai sering diterapkan untuk memperindah bentuk tampilannya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memperindah dekorasi dan juga menghidupkan suasana ruangan agar terasa lebih nyaman. Berikut langkah-langkah pengaplikasian cat epoxy yang benar dan tepat.

  • Bersihkan bagian permukaan.

Sebelum menerapkan cat jenis epoxy, maka Anda harus menyiapkan permukaan lantai. Bersihkan dan sapu bagian yang ingin diberikan epoxy. Anda bisa menggunakan vakum untuk bisa menghilangkan debu halus. Hal ini dilakukan agar proses pengaplikasian cat bisa mulus dan tidak bertekstur.

  • Lakukan proses priming.

Mungkin beberapa orang melupakan proses ini karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal proses priming dilakukan agar lantai bisa lebih kuat meskipun harus menanggung beban yang berat. Proses ini juga mengurangi resiko cat akan bergelembung. Nantinya proses ini akan mengunci seluruh cairan yang diaplikasikan pada lantai.

  • Lapisi lantai dengan primer untuk epoxy.

Sebelum menerapkan epoxy, maka sebaiknya lapisi lantai terlebih dahulu dengan bahan primer. Proses ini dilakukan agar seluruh celah yang terdapat pada lantai bisa terisi semua. Jika lantai terdapat lubang maka Anda bisa menutup bagian yang rusak dengan cara ini. Dengan begitu maka lapisan lantai akan lebih tebal.

  • Terapkan cat epoxy.

Anda bisa mencampur beberapa bahan yang dibutuhkan dan diaduk rata sebelum diaplikasikan. Untuk dekorasi yang lebih menawan, Anda harus mengaplikasikan epoxy dengan perlahan dan merata. Anda bisa mulai dari posisi ujung terlebih dahulu kemudian ke bagian tengah.

  • Finishing.

Proses ini dibutuhkan untuk menghasilkan lantai yang lebih mengkilap dan indah untuk dilihat. Ketika seluruh cat epoxy sudah diaplikasikan secara merata tahap selanjutnya adalah menghaluskannya. Tunggu beberapa jam hingga cat kering barulah Anda bisa menghaluskannya.

  • Lakukan perawatan secara rutin.

Untuk membuat cat epoxy yang diaplikasikan bisa awet, maka Anda harus melakukan perawatan dengan cara membersihkan lantai secara rutin. Pastikan tidak ada air yang tergenang di bawah lantai karena hal tersebut bisa menyebabkan kelembaban yang bisa merusak lantai dan membuat lantai rapuh.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menerapkan cat epoxy dengan baik dan tepat. Jika Anda memasangnya dengan baik maka fungsinya pun bisa berjalan dengan lebih maksimal. Anda bisa langsung menanyakan pada pihak jasa membrane waterproofing mengenai harga sekalian untuk pemasangan epoxy pada lantai.

Ketika pihak jasa cat epoxy mengerjakan sebaiknya Anda memperhatikannya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Lantai digunakan untuk waktu yang cukup lama sehingga harus memiliki kualitas terbaik. Biasanya sebuah bangunan akan jarang sekali mengganti lantai jika tidak mengalami kerusakan. Dengan penerapan yang sesuai maka kualitas lantai pun bisa terus terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *