lantai vinyl atau LVT (laminate vinyl tile) merupakan lantai motif yang berbahan dasar PVC (polivinyl chloride) yang memiliki sifat halus dan lentu/elastis. Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang cukp populer karena memiliki banyak keunggulan seperti tahan air, usia lama, elastis, anti rayap, mudah dibersihkan, mudah dipasang, dan juga harga lantai vinyl yang cenderung murah.

Walaupun vinyl memiliki banyak keunggulan, dalam memilihnya tentu saja banyak hal yang perlu diperhatikan

Panduan Memilih Vinyl

Lantai vinyl merupakan lantai yang tersusu dari tiga lapisan bahan utama, yaitu glass fiber, printing layer, dan compact layer. Lapisan ini yang membuat vinyl terasa halus dan empuk saat diinjak. Vinyl hadir dalam berbagai varian ukuran, bahan, ketahanan, hingga warna. Agar tidak bingung, berikut panduan memilih vinyl:

Anti slip

Memasang vinyl adalah menggunakan teknik menyambungkan antara satu dan lain bagian, di sebagian besar produk vinyl ada yang sudah dilengkapi anti-slip antar bagiannya, sehingga lantai yang disambungkan rapat dengan rekat. Sebaiknya Anda hindari produk vinyl yang tidak dilengkapi anti-slip.

Ketebalan

Jika Anda membutuhkan lantai yang nyaman saat diinjak dan ruangan privatif, maka sebaiknya Anda memilih lantai vinyl yang memiliki keteban yang tinggi. Ketebalan dapat menentukan kenyamanan kaki dan mampu meredam suara sehingga ruangan lebih privatif. Tebal vinyl rata-rata dari 1 mm hingga 4.5 mm.

Model

Model merupakan pilihan yang sangat mudah, Anda tinggal menyesuaikan dengan tema ruangan yang ingin Anda usung. Rata-rata orang menggunakan lantai vinyl sebagai pengganti lantai kayu, maka tidak heran jika model lantai vinyl banyak tersedia motif kayu nya.

Jenis dan Harga Lantai Vinyl

Lantai vinyl terbagi ke dalam tiga jenis, antara lain:

Lantai vinyl plank

Lantai ini merupakan lantai yang berbentuk segi panjang dengan ukuran umum panjangnya berkisar 90-100 cm dan lebarnya 10-20 cm. Vinyl plank ini leih dikenal dengan parket karena pemasangannya mirip dengan parket, padahal antara vinyl dan parket memiliki banyak perbedaan yang jelas. Adapun harga lantai vinyl per m2 untuk jenis plank ini berkisar antara 120.000 hingga 150.000 rupiah. Harga tersebut menyesuaikan tergantung model, produsen dan distributor.

Lantai vinyl tile

Lantai vinyl tile merupakan lantai vinyl yang berbentuk kubus atau menyerupai keramik. Tapi secara pemasangan sangat berbeda dengan keramik karena lantai vinyl dipasang sangat rekat antar kubusnya, sehingga tidak akan tampak garis pemisahnya. Ukuran vinyl tile sangat bervariasi, ada yang kecil yang cocok dengan ruangan yang luas, ada pula yang besar yang cocok dengan ruang minimalis agar tampak luas. Tapi ukuran umum yang tersebar banyak di pasaran adalah 30×30 cm dan 45×45 cm. Adapun harga lantai vinyl per meter untuk jenis tile berkisar antara 120.000 hingga 150.000 rupiah.

Lantai vinyl roll

Lantai ini berupa gulungan yang menyerupai karpet, namun berbeda bahan dasar. Lantai vinyl jenis roll ini memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga ketika digulung tidak merusak permukaannya. Pemasangan lantai vinyl roll juga menyerupai karpet, yaitu digelar dan dipotong menyerupai ruangan, hanya saja pemasangan lantai vinyl roll membutuhkan lem agar menempel. Lantai vinyl roll lebih cocok dipasang di ruangan yang luas karena ukurannya yang cukup besar. umumnya ukuran lantai vinyl roll berkisar antara 2 meter untuk lebar, dan 20 hinggav 25 meter untuk panjang. Adapun harga lantai vinyl per meter untuk jenis roll vinyl berkisar antara 50.000 hingga 300.000 rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *