Berbagai furniture berbahan kayu tentu sering menimbulkan rayap. Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar furniture tersebut tidak mudah dimakan rayap. Bukan hanya menyerang bagian furniture yang terbuat dari kayu saja, namun juga rayap seringkali terdapat pada lantai dan juga beberapa bagian rumah yang rentan lembab dan bocor. Untuk itu, ketika Anda pergi ke toko lantai vinyl untuk menggunakan jasanya, maka pastikan kualitas dari penyedia jasa tersebut.

Bagian lantai harus disusun dengan rekat agar tidak ada celah yang bisa menyebabkan kelembaban atau kebocoran. Jika tidak maka bisa saja rayap tumbuh di daerah tersebut. Seringkali juga toko lantai karpet yang menjual karpet khusus lantai yang akan digunakan secara permanen. Jika ingin menggunakannya, maka Anda harus memastikan tingkat kelembaban pada lantai sebelum menggunakannya.

Berikut Beberapa Bahan Alami yang Ampuh Untuk Atasi Rayap

Memang terdapat cairan khusus yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rayap. Namun beberapa cairan kimia tidak dianjurkan untuk digunakan karena mengandung berbagai bahan yang berbahaya. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan alami untuk atasi rayap yang membandel. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk atasi rayap.

1. Garam

Bukan hanya sebagai penyedap rasa, bahan dapur yang satu ini ternyata juga ampuh untuk membasmi rayap. Anda bisa mencampurkan garam dengan air kemudian menyemprotkannya pada bagian yang terkena rayap.

2. Minyak Esensial

Minyak esensial yang mengandung cengah sangat efektif untuk membasmi rayap. Kandungan yang terdapat didalamnya akan membunuh rayap hingga ke akar sehingga tidak akan berkembang biak lagi. Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan minyak ke bagian yang terdapat rayap maka secara bertahap rayap akan hilang.

3. Cuka

Cuka mengandung berbagai bahan yang bisa mengusir rayap. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meneteskan cuka ke bagian yang terdapat rayap. Teteskan secara merata. Lakukan selama 8 hari berturut-turut, maka rayap tidak akan kembali ke rumah Anda.

4. Minyak Jeruk

Diketahui lewat penelitian bahwa ekstrak minyak jeruk mampu membunuh rayap dengan cepat. Minyak terus mengandung bahan d-limonene yang bisa menjadi racun untuk serangga, terutama untuk rayap. Anda bisa memasukkan minyak jeruk ke dalam sarang rayap agar semuanya langsung mati.

5. Lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat. Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga efektif digunakan untuk mengusir rayap. Cara pengolahannya pun sangat mudah, Anda bisa menghaluskan lidah buaya yang telah dibersihkan kemudian memasukkannya ke botol. Semprot bagian yang terdapat rayap.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk atasi rayap. Dengan menggunakan bahan alami ini, Anda bisa membuat cairan yang aman untuk lingkungan dan efektif untuk mengatasi rayap. Rayap seringkali muncul pada bagian yang mengalami kebocoran dan juga lembab. Toko lantai karpet mungkin menyediakan berbagai jenis karpet yang bisa digunakan pada lantai, namun Anda harus memikirkannya kembali apakah kondisi rumah cukup memadai atau tidak.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan lantai vinyl. Di samping lebih simple, lantai jenis vinyl juga membuat tampilan rumah terlihat lebih rapi dan bersih. Namun ketika datang ke toko lantai vinyl, pastikan Anda mengetahui kinerja dari penyedia jasa tersebut. Lantai harus dipasang dengan baik sehingga tidak memiliki celah. Melalui celah tersebut bisa saja air masuk dan menyebabkannya menjadi lembab. Hal ini bisa membuat rayap bersarang pada lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *